Latest News

Gunakan Resepnya Ini Untuk Menciptakan Jangkrik Menjadi Lebih Berguna Pada Burung Ocehan


Bagi kicaumania di Indonesia, jangkrik menjadi Keliru satu extra fooding (EF) utama bagi burung kicauan pemakan serangga. Hal ini alasannya ialah serangga tersebut relatif Mudah dijumpai di sekitar rumah, bahkan sudah banyak pula yg membudidayakannya khusus untuk pakan burung.


Sebagai Keliru satu pakan tambahan, jangkrik sangat bermanfaat untuk membuat burung selalu rajin berbunyi. Tak hanya jangkrik, hewan reptil pun sangat menyukai jangkrik.


Saat Anda membeli jangkrik di pasar / kios burung, terkadang penjual menyertakan daun kering yg menjadi makanannya selama di lapak pedagang. Karena itu, kita pun kerap memperlihatkan masakan kepada jangkrik di rumah hanya berupa daun-daun kering.
Padahal pertolongan pakan yg tak sesuai bakal membuat jangkrik mengalami kekurangan nutrisi dan sanggup memicu sifat kanibalnya. Apabila pedagang di pasar / kios burung hanya memberi pakan daun kering, itu sanggup dimaklumi sebagai upaya menekan biaya perawatan hingga dagangannya terjual.
Namun Anda sebagai kicaumania dilarang menerapkan hal yg sama, alasannya ialah jangkrik bakal diberikan kepada burung kesayangan di rumah. Sebab burung yg mengkonsumsi jangkrik dengan perawatan seadanya tidak bakal mendapat banyak manfaat.
Karena itu, sebelum diberikan kepada burung, jangkrik harus memperoleh pakan yg bergizi pula, Agar burung sanggup mencicipi keuntungannya setrik langsung. Misalnya, jangkrik diberi dulu sayuran, buah, dan jenis pakan lainnya, termasuk materi rempah. Setelah itu, barulah jangkrik diberikan kepada burung.
Nah, belakangan ini banyak kicaumania yg menerapkan metode gut load, Agar manfaat jangkrik sanggup dirasakan pribadi oleh burung yg mengkonsumsinya. Apa itu gut load?
Intinya sama ibarat klarifikasi di atas, di mana jangkrik mendapat perlakuan tertentu sebelum diberikan kepada burung. Hanya saja, perlu pengaturan waktu yg sempurna antara pertolongan pakan kepada jangkrik hingga jangkrik diberikan kepada burung. Prosesnya disebut gut loading, sedangkan metodenya disebut gut load.
Bahan baku yg diperlukan:
Beberapa jenis masakan yg sanggup diberikan kepada jangkrik ialah sebagai berikut:
  • Buah-buahan, contohnya jeruk, pir, dan apel yg telah diiris tipis Agar sanggup pribadi dimakan jangkrik.
  • Sayur-sayuran ibarat parutan jagung muda, wortel, kentang, atau adonan potongan dedaunan ibarat kol, sawi dan sebagainya.
  • Tanaman obat / herbal ibarat jahe, kunyit, bawang putih, ginseng, dan sebagainya.
  • Roti, sereal, atau biskuit bayi.
  • Telur puyuh rebus.
  • Ikan-ikan kecil.

Untuk khasiat jangkrik makin joss pada burung, Anda sanggup mencampurkan multivitamin ke dalam adonan pakan tersebut. Apabila jangkrik sudah cukup mengkonsumsi masakan tersebut, segera berikan jangkrik kepada burung kesayangan Anda dalam jumlah yg diadaptasi dengan kebiasaan / setingan rawatan hariannya.
Perlu diperhatikan, proses gut loading idealnya berlangsung sekitar 10 – 20 menit. Dalam kurun waktu tersebut, bahan-bahan masakan yg dikonsumsi jangkrik bakal bercampur di pecahan usus, tetapi belum sempat dicerna dan sari-sarinya belum sempat terdistribusi ke jaringan badan lainnya.
Dengan alasan itulah, kita perlu membatasi jarak waktu antara jangkrik mengkonsumsi masakan dan jangkrik Saat harus diberikan kepada burung, Agar sari-sari masakan yg ada di dalam usus jangkrik bakal tergoda pula oleh burung.
Itulah sekelumit klarifikasi mengenai metode gut load yg sudah usang diterapkan para kicaumania dan breeder di mancanegara. Oh ya, metode ini juga sanggup diterapkan pada ulat hongkong dan pakan hidup lainnya, sebelum menjadi santapan bagi burung kesayangan Anda.

semoga bermanfaat

sumber : www.omkicau.com

0 Response to "Gunakan Resepnya Ini Untuk Menciptakan Jangkrik Menjadi Lebih Berguna Pada Burung Ocehan"

Total Pageviews