Latest News

Menjaga Birahi Kacer Tetap Stabil Dan Selalu On Saat Lomba Dengan Caranya Ini


Keliru satu kunci terpenting semoga kacer selalu siap dilombakan yaitu menjaga semoga kondisi birahinya relatif stabil. Hal ini sering diabaikan oleh sejumlah kicaumania, sehingga burung tidak sanggup tampil maksimal Saat dilombakan.

Dalam aneka macam lomba burung, kita sering melihat kacer yg tidak mau tampil menyerupai biasanya, padahal selama ini sangat rajin berkicau. Beragam sikap ditunjukkan burung tersebut, contohnya sering naik-turun tenggeran tanpa mengeluarkan suara, ngeruji, hingga mengembangkan bulu-bulunya alias ngebalon.

Pengaturan birahi menjadi Keliru satu hal terpenting dalam perawatan kacer kualitas lomba. Hal itu dilakukan untuk menjaga kondisi dan mentalnya semoga tetap stabil. Kacer yg terlalu birahi (kelewat / over birahi / OB) tentu tidak bakal sanggup tampil maksimal di lapangan, begitu juga jikalau birahinya kurang. 

Berikut ini beberapa Tipsnya mengatur birahi kacer semoga selalu siap lomba dan bisa tampil lebih maksimal.

  • Kacer untuk lomba sebaiknya menerima penanganan khusus yg berbeda dari kacer rumahan. Tujuannya semoga pemilik atau perawat lebih fokus dalam merawat dan menjaga kondisi burung tersebut.
  • Bagi yg terbiasa menunjukkan voer untuk kacernya, jangan terlalu sering gonta-ubah merek. Biasanya, kita Mudah kepincut terhadap voer merek tertentu, hanya sebab pakan tersebut juga dikonsumsi oleh kacer yg kebetulan juara.
    Terlalu sering gonta-ubah merek voer sanggup menurunkan penampilannya, bahkan tak jarang disertai dengan kotoran yg encer dan berbau. Dalam banyak kasus, kacer bakal mengalami masa mabung lebih cepat. Jika ingin Mengubah voer dengan brand lain, lakukanlah setrik bertahap.
  • Menjaga settingan extra fooding (EF) menyerupai jangkrik atau kroto. Settingan yg sempurna yaitu yg dipakai Saat kacer bertambah rajin bunyi sehabis diberi pakan serangga / jangkrik dalam jumlah tertentu. Settingan itulah yg dipakai dalam perawatan harian. Hal yg sama juga bisa diterapkan dalam mencari settingan khusus lomba.
  • Banyak kicaumana yg ingin mendengar kicauan kacernya dengan trik memperdengarkan suara masteran burung sejenis dari perangkat mp3. Tujuannya tentu untuk memancingnya semoga mau bunyi. Padahal jikalau hal ini terlalu sering dilakukan bakal berdampak pada birahi kacer yg tidak stabil. Akibatnya, saat dilombakan, burung bakal lebih banyak membisu atau selalu naik-turun tenggeran.
  • Kacer merupakan burung teritorial. Di alam liar, mereka selalu terlihat sendirian, atau bersama pasangannya saja untuk menjaga wilayah kekuasaannya dari kehadiran burung sejenis. Saat memelihara kacer di rumah, sebaiknya tidak menggantangnya berdekatan dengan burung sejenis, atau burung jenis lain yg memiliki sifat teritorial lainnya menyerupai murai batu. Hal ini untuk menjaga mental dan sifat fighternya.
  • Penjemuran pada waktu yg sempurna sanggup membantu menjaga kestabilan birahi kacer. Penjemuran itu tidak hanya sekadar memanaskan burung saja, tetapi juga bermanfaat mengusir kutu yg melekat pada kulit dan bulunya, juga untuk mengecas panas badan yg bakal digunakannya Saat suhu hambar atau pada malam hari. Penjemuran yg ideal yaitu semenjak matahari terbit hingga sebelum panas terik / sekitar pukul 10.00.
  • Seminggu sekali, kacer perlu dilepas dalam sangkar umbaran (polier), untuk melatih pernafasannya semoga lebih panjang, membentuk dan memperkuat otot sayap dan dada, serta meningkatkan staminanya. Pengumbaran juga diyakini bisa mengatasi kacer yg terlalu birahi.
    Tetapi persoalan sangkar umbaran ini bersifat optional, sebab banyak juga kacer jawara yg sama sekali tak mengenal sangkar umbaran, contohnya kacer Prahara yg pernah mengorbit di tangan Om WW Angga.
  • Seminggu sekali, kacer perlu menjalani terapi mandi malam, yg bertujuan menjaga kondisi birahinya tetap stabil. Terapi mandi malam sebaiknya dilakukan dengan memperhatikan suhu dan cuaca pada Saat itu. Selain itu, mandi malam sebaiknya dilakukan pada waktu yg tidak terlalu larut.
  • Dengan melaksanakan contoh perawatan yg teratur dan tetap memperhatikan kondisinya, burung kacer bakal bisa tampil lebih maksimal, sehingga sanggup membanggakan pemiliknya.
semoga bermanfaat

disunting dari omkicau.com

0 Response to "Menjaga Birahi Kacer Tetap Stabil Dan Selalu On Saat Lomba Dengan Caranya Ini"

Total Pageviews